Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

04/01/11

Tips Menaikkan Trafic Pengunjung Blog

Berikut tipsnya:

1. Daftarkan Blog ke Search Engine

Jika kita ingin blog bisa bersahabat dengan Search Engine semisal Google dan Yahoo, maka wajib hukumnya untuk mendaftarkan blog ke Search Engine, untuk cara mendaftarya saya pikir teman-teman bisa browser sendiri ya, karena banyak artikel yang mengulas tentang bagaimana cara mendaftarkan blog ke Search Engine.

2. Update Artikel Berkala

Usahakanlah untuk update artikel min 1 artikel perharinya sesuai dengan tema blog, jika tidak sanggup 1 minggu 2 artikel saja, kenapa hal ini perlu? Khusus untuk visitors setia blog, mereka tentunya akan bosan berkunjung jika melihat blog kita ini tidak update dan hanya menemukan artikel yang itu-itu saja, mereka juga butuh informasi baru untuk menambah ilmu dan pengetahuan.

Pilih dan buat artikel yang berbobot dan berkualitas tentunya yang sesuai tema blog, karena jika artikel tersebut berbobot dan berkualitas maka visitors tidak akan terlalu memperhatikan pagerank blog, yang penting isi artikel tersebut bisa mempengaruhi si pembacanya dan tentunya mereka juga akan meninggalkan komentar terbaiknya.

3. Tukaran Link (Link Exchange)

Saya sendiri sudah menerapkannya dan sangat bermanfaat sekali, karena cara ini sangat populer dan sering digunakan dikalangan blogger. Tukaran link dengan blog lain terutama yang mempunyai tema yang sama akan cepat menaikkan peringkat blog teman-teman di mata search engine dan akan membawa traffic.

4. Link Internal Blog

Usahakanlah ketika akan memposting artikel, teman-teman membuat link untuk menuju artikel yang lainnya, jadinya para visitors juga bisa melihat artikel yang berhubungan, tentunya selain memanfaatkan Related Post dan kalau bisa gunakan anchor text yang relevan agar hasilnya lebih maksimal untuk SEO, cara ini juga bisa menaikkan page view blog.

5. Membuat Dummy Blog (Blog baru)

Jika ada waktu maka teman-teman buatlah blog-blog baru untuk mendukung blog utama. Beri link menuju blog utama di dalam blog-blog tersebut. Selain blog utama mendapatkan backlink untuk SEO, Dummy Blog juga bisa menaikkan traffic blog.

Saya sarankan jika ingin membuat Dummy Blog gunakanlah blog yang berflatform wordpress, selain lebih bersahabat dengan search engine, wordpress juga memiliki kelebihan di menu dashboard untuk melihat new post dari pengguna wordpress yang lainnya. Contoh Dummy Blog punya saya [link].

6. Berkomentar di Blog Yang Lain

Saya pikir tidak ada susahnya untuk meninggalkan komentar di suatu blog yang baru, atau ketika kita nyasar sewaktu googling dan pas menemukan artikel yang memang pantas untuk dikomentari, selain kita bisa mengenal di empunya blog, kita juga dapat backlink untuk menaikkan pagerank (itu berlaku jika kita berkomentar di sebuah blog yang bertema sama dan menganut dofollow serta memiliki pagerank tingi), tentunya informasi beguna juga kita dapatkan. Terus siapa tahu saja si empunya blog berkunjung balik ke blog kita, hehehe (ngarep mode on).

7. Manfaatkan Moment/Kejadian Penting

Untuk yang satu ini, saya pikir tidak ada HUKUM BAKU dalam dunia blog untuk mengharuskan selalu konsisten membuat artikel sesuai tema blog (saya buat 90% artikel sesuai tema dan 10% artikel yang memanfaatkan moment/kejadian penting yang sedang hot/trend).

Kenapa ini harus? Contohnya blog saya sendiri, apakah teman-teman tidak bosen jika saya posting tentang tutorial blog terus, cara membuat ini dan itu, sesekali saya juga harus memperhatikan faktor kebosanan dari pengunjung terutama yang setia membaca di blog ini, benar bukan? Contohnya [link]

Untuk contoh lain artikelnya teman-teman bisa cari di portal berita online terkemuka Indonesia, bisa tentang teknologi, IP, gosip, software dan lain sebagainya. Cukup banyak berita yang update dan pilihlah salah satu untuk kita posting di dalam blog kita.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua, jika ada kekurangan teman-teman semua bisa memberikan komentar terbaiknya. Terimakasih.

2 komentar:

Oong-ong mengatakan...

hoho..lagu yg kat blog nia tu.. Tajukk die Pelita..artis A.P.I

PURMA NIDYO mengatakan...

terimakasih infonya........

Posting Komentar